Latest Post :

Final Sepakbola Indonesia VS Malaysia di Sea Games 2011


Indonesia berpeluang melakukan revans atas Malaysia dalam partai final sepakbola Sea Games 2011, Senin (21 November 2011) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pada babak penyisihan grup, Indonesia yang saat itu sudah memastikan lolos ke semifinal dan memberikan kesempatan kepada seluruh pemain untuk bermain di ajang Sea Games 2011 kalah 0-1 dari Malaysia. Indonesia dan Malaysia akan kembali bertemu dalam partai final sepakbola Sea Games 2011 setelah mengalahkan lawan-lawannya di semifinal.


Indonesia secara meyakinkan mampu menaklukkan Vietnam dengan skor 2-0. Gol bagi Indonesia tercipta di babak kedua masing-masing melalui Patrich Wanggai di menit 60 lewat eksekusi tendangan bebas, dan gol Titus Bonai di menit 89 dimana tendangannya mengenai kaki pemain belakang Vietnam sehingga melambung masuk gawang tanpa bisa dijangkau kiper Vietnam, Tran Buu Ngoc. Sebelumnya di babak pertama, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Sementara itu pada pertandingan di sore hari, Malaysia berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor tipis 1-0. Pahlawan kemenangan Malaysia atas Myanmar adalah Ahmad Fakri Saarani yang mencetak gol ke gawang Myanmar di menit 84. Malaysia yang lebih diunggulkan sempat kewalahan dengan pertahanan kuat Myanmar dan juga kecepatan para pemainnya.

Prediksi Indonesia vs Malaysia

Di partai final nanti, kedua tim dapat memainkan pemain terbaiknya setelah hukuman kartu diputihkan sebelum laga semifinal. Pelatih Indonesia, Rahmad Darmawan, dipastikan tidak akan menampilkan susunan pemain seperti saat kalah 0-1 dari Malaysia di babak penyisihan grup. Kemungkinan besar, susunan pemain yang akan diturunkan akan sama seperti saat mengalahkan Vietnam di semifinal.

Di sisi lain, Malaysia harus membagi konsentrasi di partai puncak sepakbola Sea Games 2011, pasalnya Malaysia juga harus berkonsentrasi menjamu Suriah di ajang kualifikasi Olimpiade 2012 yang akan berlangsung pada tanggal 23 November 2011 atau dua hari setelah partai final Sea Games 2011. Sedikit keuntungan bagi Indonesia, namun meski demikian, Malaysia dipastikan akan tetap ngotot untuk mempertahan medali emas yang mereka raih dua tahun lalu sekaligus menjaga gengsi di kawasan Asia Tenggara.

Penampilan Indonesia ketika melawan Vietnam cukup menjanjikan untuk bisa melakukan revans atas Malaysia. Pertahanan yang kokoh dan tenang serta para pemain depan yang memiliki kemampuan individu yang baik menjadi kunci kemenangan Indonesia atas Vietnam. Keberanian para pemain tengah yang biasanya tidak melakukan tusukan ke daerah pertahanan lawan menjadi poin tersendiri dalam penampilan menghadapi Vietnam.

Hanya saja Indonesia harus tetap berbenah karena Malaysia adalah tim yang telah solid dan memiliki kematangan karena ditempa pengalaman dalam ujicoba menghadapi tim-tim kuat Eropa serta dalam kualifikasi Olimpiade 2012. Pola bermain umpan panjang harus dikurangi ketika menghadapi Malaysia karena mereka mempunyai pemain bertahan yang punya kecepatan serta postur tubuh yang baik. Pemain tengah Indonesia harus berani memainkan umpan-umpan pendek dan sesekali membantu masuk ke daerah pertahanan lawan.

Prediksi bicarabola, Indonesia akan memenangkan pertandingan dengan skor tipis. Namun apabila pertandingan harus diakhiri dengan adu penalti, kemungkinan besar Malaysia yang lebih siap karena faktor kematangan mental mereka. Semoga saja Indonesia mampu merebut medali emas yang terakhir kali didapat 20 tahun yang lalu tepatnya di Sea Games 2001 yang berlangsung di Manila. Sekedar Informasi, pada tahun 1987, Indonesia juga meraih medali emas sepakbola Sea Games setelah menaklukkan Malaysia dalam partai final yang berlangsung di Jakarta. Sedangkan Malaysia pernah merebut medali emas Sea Games di Jakarta, setelah mengalahkan Indonesia pada tahun 1979.

Prakiraan Susunan Pemain, Indonesia vs Malaysia ;

Indonesia : Kurnia Meiga (GK) ; Hasim Kipuw, Diego Michiels, Gunawan DC, Abdul Rahman ; Egi Melgiansyah, Mahadirga Lasut, Oktovianus Maniani, Andik Vermansyah ; Patrich Wanggai, Titus Bonai

Malaysia : Khairul Fahmi (GK) ; Mahali Jasuli, Fandi Othman, Mohd Muslim, Mohd Fadhli Shas ; Irfan Fazail, Ahmad Fakri, Kandasamy Gurusamy, Bakhtiar Baddrol ; Syahrul Ibrahim, Izzaq Fariz Ramlan
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SALING BERBAGI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger