Latest Post :

Semalam Gempa 5,2 SR Guncang Maluku dan Manado

Semalam gempa berkekuatan 5,2 skala richter mengguncang pulau Maluku dan Manado.warga panik bukan main karena begitu banyak isu mengenai tsunami.Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pusat gempa terjadi pada 1.45 Lintang Utara,127.09 Bujur Timur, 80 kilometer Barat Laut Ternate- Maluku Utara, 211 km Timur Bitung-Sulut, atau 250 km Tenggara Manado-Sulawesi Utara.

Namun, gempa dengan kedalaman 105 KM tersebut disinyalir tidak berpotensi bencana tsunami.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bitung, J.F. Ransalele menuturkan, bahwa struktur tanah yang labil serta letak yang berada di garis pantai memang rentan dengan bencana.

"Kota Bitung memang rentan dengan bencana, karena dilihat dari struktur tanah dan berada di garis pantai," ujarnya kepada VIVAnews.com, Selasa malam, 6 Desember 2011.

Wilayah Pulau Lembeh di bagian selatan, ujar Ransalele, Lembeh Utara, serta di Kecamatan Ranowulu rawan dengan air pasang dan tsunami. "Untuk kecamatan yang lain, seperti Kecamatan Madidir, Maesa dan Kecamatan Matuari bahkan rawan dengan adanya banjir," kata dia.

Namun, dia mengaku bahwa pihak BPBD Kota Bitung setiap saat berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan untuk melakukan antisipasi, serta berkoordinasi dengan BMKG Kota Bitung untuk melihat perkembangan cuaca, serta peringatan dini gempa dan tsunami.
• VIVAnews
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SALING BERBAGI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger